Home > Komunikasi > INFORMASI DAN KOMUNIKASI

INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Muhamad Ridwan Sutisna

Saat ini banyak orang menyebut bahwa kita sedang ada dalam era informasi atau masa teknologi informasi. Namun sebagian orang bahkan tidak benar-benar mengetahui apa itu sebenarnya yang disebut informasi. Selain itu terdapat keeratan yang sangat besar antara informasi dan komunikasi yang menjadikan keduanya aspek yang sulit untuk dipisahkan. Mari kita bahas satu persatu.

INFORMASI
Informasi merupakan kata yang berasal dari bahasa Latin informationem yang bisa diartikan sebagai “garis besar, konsep, ide”. Informasi merupakan kata benda dari informare yang berarti aktivitas dalam “pengetahuan yang dikomunikasikan”. Sehingga secara sederhana dapat disimpulkan secara sederhana bahwa inormasi adalah suatu pengetahuan.
McLeod (1995) menyatakan bahwa informasi adalah data yang telah diproses atau data yang memiliki arti. Sedangkan Menurut Susanto (2002) informasi sejatinya merupakan hasil dari pengolahan data, akan tetapi hasil pengolahan data yang tidak memberikan makna atau arti serta tidak bermanfaat bagi seseorang bukanlah merupakan informasi bagi orang tersebut. Berdasarkan pernyataan tersebut kita bisa mendapatkan beberapa hal yang berkaitan dengan informasi. Diantaranya adalah:
1. Informasi bersumber dari data yang telah di proses
2. Suatu informasi harus memiliki arti atau makna
3. Suatu informasi harus memiliki manfaat
Ketiga hal tersebut selanjutnya dapat disebut sebagai syarat dari sebuah informasi.
Mc. Leod (Susanto, 2002) mengemukakan bahwa suatu informasi yang berkualitas harus memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
 Akurat, artinya informasi mencerminkan keadaan yang sebenarnya. Pengujian terhadap hal ini biasanya dilakukan melalui pengujian yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang berbeda-beda dan apabila hasil pengujian tersebut menghasilkan hasil yang sama, maka dianggap data tersebut akurat.
 Tepat waktu artinya informasi itu harus tersedia atau ada pada saat informasi tersebut diperlukan, tidak besok atau tidak beberapa jam lagi.
 Relevan artinya informasi yang diberikan harus sesuai dengan yang dibutuhkan. Kalau kebutuhan informasi ini untuk suatu organisasi maka informasi tersebut harus sesuai dengan kebutuhan informasi diberbagai tingkatan dan bagian yang ada dalam organisasi tersebut.
 Lengkap artinya informasi harus diberikan secara lengkap.

DASAR KOMUNIKASI
Ada banyak definisi dari komunikasi, namun secara umum komunikasi dapat diartikan sebagai suatu aktivitas mengirim dan menerima pesan yang dilakukan oleh satu atau beberapa orang, yang dihambat oleh gangguan, terjadi dalam sebuah konteks, memiliki beberapa efek dan menyediakan kesempatan untuk adanya timbal balik (Devito, 1991). Pada hakikatnya komunikasi adalah pengiriman pesan dari komunikator kepada komunikan dengan menggunakan lambang verbal ataupun non verbal dengan harapan terjadinya sharing komunikasi. Seperti yang dipertanyakan Laswell’s dalam Heath and Bryant (2000) “who says what to whom through which channel and with what effect”.
Komunikasi juga memiliki beberapa area komunikasi yang mengklasifikasi lingkup komunikasi. Berikut adalah area-area komunikasi yang disertai dengan beberapa ilustrasi.
Area-area komunikasi:

Komunikasi yang dapat terjadi di berbagai area membuktikan bahwa komunikasi merupakan aspek penting dalam kehidupan manusia karena dapat terjadi dalam lingkup yang sangat kecil hingga lingkup yang sangat besar. Namun, dimanapun dan bagaimanapun komunikasi terjadi, pada dasarnya secara universal proses komunikasi terjadi dengan pola yang sama. Pola itu disebut dengan pola komunikasi universal seperti dijelaskan pada bagan berikut.

Bagan diatas menggambarkan apa yang disebut dengan komunikasi universal. Komunikasi universal ini berisi elemen-elemen yang yang ada disetiap aktivitas komunikasi. Dari bagan tersebut dapat diidentifikasi beberapa unsur dari komunikasi adan bagaimana suatu proses komunikasi terjadi. Suatu proses komunikasi terjadi ketika sumber/pengirim (source/encoder) mengirimkan pesan (messages) melalui suatu saluran (channels) kepada penerima (receiver/decoder) yang dapat memberikan umpan balik (feedback), pada proses pengiriman pesan maupun umpan balik, terdapat gangguan/hambatan (noise) yang dapat merusak atau merubah isi pesan yang dikirimkan.

INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Akibat dari tingginya kebutuhan manusia untuk berkomunikasi, maka perkembangan komunikasi manusia membawa pada munculnya teknologi komunikasi. Pada dasarnya teknologi komunikasi merupakan wujud hasil ciptaan dan temuan manusia dalam upaya memenuhi kebutuhan berhubungan satu sama lain dengan cepat, jelas, dan menjangkau.
Darmawan (2007) kemudian menyatakan bahwa teknologi komunikasi berkaitan erat dengan informasi. Dalam hal ini terdapat teknologi komunikasi yang berfungsi menyalurkan informasi, teknologi komunikasi yang berfungsi mengolah informasi, teknologi komunikasi yang berfungsi sebagai pengolah dan penyimpan informasi.

Dari pemaparan tersebut, dapat disimpulkan bahwa informasi merupakan sesuatu yang didapat dari data yang sudah diproses sehingga tidak dalam bentuk data mentah. Selain itu data yang telah diproses tersebut haruslah memiliki arti atau makna dan manfaat sehingga dapat disebut sebagai sebuah informasi. Pengetahuan mengenai informasi dan komunikasi ini diperlukan agar dalam prosesnya dapat dihasilkan suatu informasi yang baik dan kemudian dapat dikomunikasikan dengan baik kepada sasarannya.

#belajarmenulis.menulisapayangpengenditulis

#sangat.menerima.kritik.&.saran

DAFTAR REFERENSI
Asra, Dkk (2007), Komputer dan Media Pembelajaran di SD. Jakartra: Direktorat Jendral Pendidikan.
Darmawan, Deni. (2007). Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Arum Mandiri Press.
Devito, J. A., (1991), Human Communication, The basic Course, New York: Harper Collins Publishers.
Raymond, McLeod.Jr (1995), Sistem Informasi Manajemen Jilid I, Edisi Bahasa. Indonesia, Jakarta : Salemba Empat.
Heath, R. L., Bryant, J. (2000) human communication theory and research 2nd ed. (concept, context, and challenges). New Jersey: Lawrence erlbraum Associates.Inc Publisher.
Susanto, Azhar. (2002) Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan Perkembangannya. Bandung: Lingga Jaya.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: