Home > Teknologi Pendidikan > IMPLEMENTASI TEKNOLOGI KINERJA DALAM ORGANISASI (part 1)

IMPLEMENTASI TEKNOLOGI KINERJA DALAM ORGANISASI (part 1)

MUHAMAD RIDWAN SUTISNA, DKK

Dalam teknologi kinerja, implementasi dianggap sebagai penerapan atau pembaharuan dalam teknologi kinerja atau produk teknologi pada suatu organisasi. Penerapan atau pembaruan dalam teknologi kinerja misalnya, perekrutan yang sistematis, system instruksi, atau desain suatu fasilitas. Sedangkan, penerpan atau pembaruan pada produk teknologi misalnya system perekrutan karyawan, mengadakan pelatihan dan desain tempat kerja.

Implementasi yang paling sukses terjadi ketika inovasi kinerja berintegrasi dalam tempat kerja dan menghasilkan keuntungan personal dan organisasi secara maksimal, dan meminimalisai kesulitan personal dan organisasi dalam konteks waktu dan biaya.
kondisi tersebut dikarenakan inovasi sangat bernilai, ada kesiapan organisasi, pola kepemimpinan sangat mendukung, dan para pengguna dapat menerima dengan baik. Atau mungkin dikeranakan pihak yang menginginkan perubahan kompetensi ini bekerjasama dengan pihak lain untuk menganalisis factor-faktor tersebut, mengintegrasikannya ke dalam rencana implementasi dan memfasilitasi rencana tersebut.
Model Implementasi dan Pengembangan
Dalam suatu perencanaan pengembangan model yang biasanya dipakai memiliki langkah-langkah analisis, desain, produksi, evaluai, dan implementasi. Ketika implementasi ditempatkan pada akhir proses pengembangan, maka akan dipastikan hasilnya tidak akan baik. Implementasi harus berjalan sedari awal proses pengembangan.

Prinsip tersebut diaplikasikan pada model implementasi cross-functional. Seperti diperlihatkan pada bagan di bawah ini, setiap garis menunjukan proses yang terjadi sedangkan garis putus-putus menandakan adanya pertukaran informasi pada masa tersebut.

Cross-Functional Model

NILAI INOVASI
Sebagian besar inovasi memiliki nilai potensial yang sama bagi pengguna maupun organisasi. Ada beberapa karakteristik inovasi yang diketahui untuk diberi nilai yaitu Relative Advantage, Simplify, Compatibility, Modifiablility, Low Social Impact.

Relative Advantage
Keuntungan yang relatif dari sebuah inovasi haruslah dipertimbangkan dengan sebaik mungkin. Sebagian besar persepsi, bahwa inovasi yang menguntungkan pengguna itu cenderung lebih baik dibandingkan untuk keuntungan organisasi. Sebenarnya, untuk meningkatkan peluang kesuksesan pengguna dan organisasi selayaknya mendapatkan keuntungan yang proporsional.

Simplicity
Dalam sebuah inovasi sangat penting untuk memenuhi minimal tiga syarat, mudah dipahami, mudah dipelajari dan mudah digunakan. Dan dalam kebanyakan kasus, mudah disini dipandang dari sudut pandang pengguna. Artinya sebuah inovasi harus mengandung makna tidak mempersulit pengguna dengan kehadirannya.

Compatibility
Pengguna menilai inovasi yang selaras dengan praktek sebelumnya. Kesesuaian terhadap sistem lama menjadi suatu pertimbangan tambahan. Karena semakin sesuatu sistem yang baru berintegrasi dengan sistem yang lama maka akan semakin baik. Dengan begitu inovasi akan berjalan lebih baik untuk mencapai hasil optimal.

Modifiablility
Pengguna menilai inovasi yang dapat dimodifikasi untuk dapat menyesuaikan dengan keadaan tertentu. Dalam beberapa keadaan tertentu inovasi dapat disesuaikan dengan keadaan tersebut sehingga dapat mengakomodasi berbagai situasi yang terjadi.

Low Social Impact
Pengguna menilai inovasi yang tidak berefek pada hubungan social mereka yang selama ini terjadi. Seorang agen perubahan yang efektif akan memepertimbangkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi sistem sosial yang ada dan mencoba untuk menghindari aspek yang dapat mengganggu sistem sosial tersebut.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: