Home > Belajar dan Pembelajaran > PEMBELAJARAN JARAK JAUH

PEMBELAJARAN JARAK JAUH

M Ridwan Sutisna. 26 Mei 2011

Pengertian

Menurut Wikipedia (en.wikipedia.org, diakses 26:05:2011) pembelajaran jarak jauh atau distance learning adalah “a field of education that focuses on teaching methods and technology with the aim of delivering teaching, often on an individual basis, to students who are not physically present in a traditional educational setting such as a classroom”. Suatu bidang pendidikan yang fokus pada metode dan teknologi mengajar yang bertujuan untuk mengantarkan pengajaran kepada siswa -seringkali objeknya adalah berbasis individual- yang secara fisik tidak hadir dalam setting pendidikan tradisional seperti suatu ruang kelas. Atau dapat dimaknai sebagai “a process to create and provide access to learning when the source of information and the learners are separated by time and distance, or both”. Suatu proses untuk membuat dan menyediakan akses untuk belajar ketika sumber informasi dan pelajar terpisah dengan jarak dan waktu atau keduanya.

Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa pada prinsipnya pendidikan jarak jauh memiliki cirri yaitu tidak bertemunya antara pengajar atau sumber-sumber pembelajaran lainnya dengan pelajar atau siswa sebagaimana biasa ditemukan dalam pendidikan tradisional dikarenakan kendala jarak dan waktu.

Sedangkan menurut Simonson, Smaldino, Albright & Zvacek (2006). Mereka mendefinisikan pendidikan jarak jauh sebagai berikut: “Distance education is defined as institution-based formal education where the learning group is separated, and where interactive telecommunications systems are used to connect learners, resources, and instructors”. Definisi ini menunjukkan bahwa pendidikan jarak jauh memilki ciri-ciri sebagai berikut:
• Adanya lembaga formal yang menyelenggarakan program pendidikan.
• Kelompok peserta belajar terpisah dengan pengajar
• Digunakannya sistem telekomunikasi untuk menghubungkan peserta belajar, sumber-sumber belajar, dan pengajar

Departemen Pendidikan Amerika Serikat, mendefinisikan pendidikan jarak jauh seperti dkutip oleh Schlosser dan Simonson (2006) “Distance education is the application of telecommunications and electronic devices which enable students and learners to receive instruction that originate from some distant location”. Pengertian ini lebih spesifik menyebutkan penggunaan alat telekomunikasi dan elektronik sebagai media untuk memungkinkan terjadinya pembelajaran dari jarak yang jauh dari sumber belajarnya.

Pengertian-pengertian ini menyajikan berbagai sudut pandang dari pengertian pendidikan jarak jauh. Namun, secara umum dapat disimpulkan bahwa pendidikan jarak jauh terjadi apabila pembelajaran seseorang terpisah dalam ruang dan waktu dengan pengajarnya.

Secara filosofis pendidikan jarak jauh ini dapat terjadi kapan pun dan siapapun yang melakukan pembelajaran tanpa bertemu langsung dengan sumbernya. Seseorang yang membaca buku, artikel atau karya seseorang dapat disebut sedang melakukan pembelajaran jarak jauh karena terpisah jarak dan waktu dengan penulis atau sumbernya. Namun dalam pandangan formal, pendidikan jarak jauh sebagaimana didefinisikan oleh Simonson, Smaldino, Albright & Zvacek memerlukan adanya lembaga formal sebagai penyedia pendidikan sehingga pembelajran menjadi terprogram, terarah dan terencana.

#belajarmenulis.menulisapayangpengenditulis

#sangat.menerima.kritik.&.saran

Sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/Distance_education
http://fakultasluarkampus.net/2010/05/sekilas-tentang-pendidikan-jarak-jauh/
dan berbagai sumber lainnya

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: