Home > Teknologi Pendidikan > Studi Dalam Bidang Teknologi Pendidikan

Studi Dalam Bidang Teknologi Pendidikan

M Ridwan Sutisna. 5 April 2011.

Teknologi pendidikan adalah studi dan praktek etis dalam memfasilitasi belajar dan meningkatkan kinerja melalui kreasi, penggunaan, dan manajemen proses dan sumber-sumber teknologi yang tepat

Studi

“study refers to information gathering and analysis beyond the traditional conceptions of resesarch”

Januszewski and Molenda (2008:1)

Studi mengacu pada pengumpulan informasi dan analisis dalam konsepsi tradisional penelitian.  Penelitian secara tradisional telah berperan untuk men-generalisir ide baru sekaligus sebagai proses evaluasi untuk membantu peningkatan praktik ilmu. Penelitian dalam teknologi pendidikan telah berkembang dari hanya sekedar membuktikan bahwa media dan teknologi adalah alat yang efektif untuk pembelajaran menjadi pencarian yang dirancang untuk menguji aplikasi dari proses dan teknologi yang tepat untuk meningkatkan pembelajaran.

Penelitian berusaha untuk memecahkan masalah dengan mencari solusi, dan usaha-usaha tersebut mengarahkan pada praktik baru (new practice) yang sekaligus juga menghadirkan masalah baru. Dalam penelitian, gagasan dari refleksi dan penelaahan pada keaadaan yang murni (authentic) merupakan pandangan yang berharga. Praktisi yang melakukan refleksi mempertimbangkan masalah yang timbul dari lingkungannya sendiri dan mencoba untuk memecahkannya dengan melakukan perubahan dalam melakukan praktiknya berdasarkan hasil penelitian atau pengalaman para professional. Refleksi pada proses ini mengarahkan pada perubahan dalam mempertimbangkan solusi dan langkah selanjutnya untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah di lingkungannya, sebuah proses siklus yang dapat mengarahkan pada praktik yang lebih baik.

Bidang masalah yang ditelaah (inquiry)  seringkali didorong oleh adanya invasi teknologi baru dalam praktik pendidikan. Sejarah di bidang ini telah merekam banyaknya penelitian yang dilakukan untuk merespon hadirnya teknologi baru. Meneliti bagaimana desain, pengembangan, penggunaan, dan pengelolaan yang paling baik bagi produk terbaru teknologi tersebut. Akan tetapi, saat ini  penelaahan (inquiry) di bidang teknologi pendidikan telah banyak dipengaruhi oleh perubahan besar dalam teori belajar, manajemen informasi, dan teori yang terkait lainnya. Contohnya pandangan teori kognitif dan konstruktivis telah merubah penekanan dalam bidang pendidikan dari pengajaran menjadi pembelajaran. Penekanan pada kajian yang diteliti telah bergeser pada pengamatan partisipasi aktif siswa dan membangun cara mereka sendiri untuk belajar.

Dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa perhatian teknologi pendidikan telah bergerak dari perancangan rutinitas pembelajaran yang telah ditentukan menuju perancangan lingkungan untuk menfasilitasi pembelajaran.

Salam teknologi pendidikan!

* tulisan ini merupakan terjemahan dan rangkuman penulis dari sebagian isi buku Educational Technology A Definition with Commentary.

#belajarmenulis.menulisapayangpengenditulis

#sangat.menerima.kritik.&.saran

daftar bacaan:

carilah di internet

Alan Januszewski dan Michael Molenda, Educational Technology A Definition with Commentary, LEA (2008).

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: