Home > Umum > Kurikulum dan Menciptakan Lapangan Kerja

Kurikulum dan Menciptakan Lapangan Kerja

M Ridwan Sutisna

Seorang teman tiba-tiba bertanya dalam sebuah komentar dari foto bersama jaman masih sekolah dulu.. “Rata-rata universitas/sekolah tinggi menyiapkan kurikulum untuk sarjana yang siap kerja, kenapa ga ada universitas/sekolah yang menyiapkan kurikulum untuk sarjana agar bisa menciptakan lapangan kerja?”

Pendapat saya (tanpa ada maksud apapun,hanya sekedar opini murni tanpa buka buku atau pinjam teori), Secara general ga ada korelasi yang pasti (karena mungkin belum ada yang meneliti atau saya belum baca penelitiannya) antara kurikulum dengan tersedianya lapangan pekerjaan.. Karena kurikulum, khususnya yang disusun untuk pendidikan formal itu tujuannya supaya bisa menyiapkan tenaga teknis profesional yang handal (D1,D2,D3,D4,S1) atau tenaga ahli sebagai pengembang ranah keilmuan tertentu (S1,S2,S3)..

Untuk menciptakan lapangan pekerjaan bahkan secara langsung atau tidak,sebenarnya sudah diterapkan di tingkat universitas, misalnya dalam bentuk matakuliah kewirausahaan, mengadakan pelatihan-pelatihan dan membentuk UKM yang berhubungan dengan enterpreneurship dan bentuk-bentuk kongkrit lainnya..

Lalu,kenapa ga tercermin dari lulusannya?!.
Itu mah kembali ke kualitas alumninya.. Dapet ga ilmu yang dipelajari? terus Berani ga berusaha buka peluang usaha yang menciptakan lapangan kerja?
Karena klo ilmunya udah dapet, terus berani berusaha untuk menciptakan pekerjaan,saya rasa masalah ini ga perlu jadi isu apalagi sampe ngadu ke kurikulum..

(Ditulis di busway, di sela2 macet 30 April 2010)

Categories: Umum Tags: ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: