Home > Teknologi Pendidikan > Apakah Teknologi Pendidikan itu?

Apakah Teknologi Pendidikan itu?

M Ridwan Sutisna. 10 Oktober 2010.

 

Apa yang ada dibenak kita tentang teknologi pendidikan?! Mungkin banyak, atau bahkan tidak ada sama sekali..

Sebenarnya ada banyak sekali pengertian teknologi pendidikan (TP), AECT sebagai organisasi yang dianggap mewadahi kajian ilmu ini sudah membuat definisi yang dianggap berlaku universal, melalui komite definisinya. Beberapa akan kita simak pengertiannya.

Oleh banyak ahli, terjadi banyak perdebatan tentang penggunaan terminologi yang tepat antara TEKNOLOGI PENDIDIKAN atau TEKNOLOGI PEMBELAJARAN. Sehingga, pada tahun 1977 AECT membuat dua definisi untuk mengakomodir kedua istilah tersebut..

Teknologi pendidikan adalah suatu proses komplek yang terintegrasi yang meliputi orang, gagasan, prosedur, sarana dan organisasi untuk menganalisis masalah, merancang, melaksanakan, menilai dan mengelolala pemecahan masalah dalam segala aspek belajar manusia (AECT 1977). sedangkan teknologi pembelajaran diartikan sebagai suatu lingkup yang lebih kecil (menurut pemahaman saya artinya lebih praktis) dari lingkup teknologi pendidikan..

Kemudian pada tahun 1994, AECT merumuskan satu rumusan baru dengan menggunakan istilah Teknologi Pembelajaran. Yaitu, teori dan praktek dalam mendesain, mengelola, memanfaatkan, mengembangkan dan mengevaluasi proses dan sumber belajar. Definisi ini menghasilkan apa yang disebut 5 ranah teknologi pendidikan yaitu desain, pengelolaan, pemanfaatan, pengembangan, dan evaluasi..

Setelah kurang lebih sepuluh tahun menggunakan definisi tersebut, pada tahun 2004 disepakati suatu definisi baru dengan menggunakan istilah teknologi pendidikan yaitu studi dan praktek etis dalam memfasilitasi pembelajaran dan peningkatan kinerja dengan cara menciptakan, memanfaatkan, dan mengelola proses dan sumber belajar yang sesuai/tepat. Pada definisi terbaru ini dikenalkan istilah peningkatan kinerja, sesuatu yang menurut saya sudah digeluti oleh teknologi pendidikan. Namun, berkat definisi ini teknologi pendidikan memperkuat kajiannya dalam teknologi kinerja. Dari definisi definisi tersebut saya membuat kesimpulan bahwa educational technology is a problem solver by researchs and practice particularly on educational way..

Bagi saya, teknologi pendidikan adalah penyelesai masalah dengan cara penelitian dan praktik terutama dengan jalan pendidikan. Cara apapun, dimanapun dan untuk tujuan apapun. Tapi lebih luas lagi, apapun definisinya kita bisa ambil kesimpulan masing masing agar kita lebih memahami makna teknologi pendidikan. Dan jangan lupa terus mencari. Pendapat saya ini pun boleh di-tidak setuju-i..

Salam teknologi pendidikan!

#belajarmenulis.menulisapayangpengenditulis

#sangat.menerima.kritik.&.saran

daftar bacaan:

carilah di internet

Barbara B. Sheels dan Rita C. Richey, Teknologi Pembelajaran Definisi dan Kawasannya, AECT (1994) diterjemahkan oleh Dewi S Prawiradilaga, Raphael Rahardjo dan Yusuf Hadi Miarso.

Alan Januszewski dan Michael Molenda, Educational Technology A Definition with Commentary, LEA (2008).

Categories: Teknologi Pendidikan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: